Yuk Analisis! Efisiensi Bahan Bakar pada Kendaraan dengan Menghitungnya

Seperti yang telah diketahui, bahan bakar memiliki peranan yang sangat penting di kehidupan seluruh manusia. Dan yang akan dibahas sekarang yaitu efisiensi bahan bakar serta menganalisisnya.

Apa itu Efisiensi Bahan Bakar? Ini Penjelasannya

Efisiensi bahan bakar dapat diartikan cara penggunaan dengan tepat bahan bakar agar lebih hemat atau tidak membuang banyak biaya.

Efisiensi bahan bakar dilakukan karena mengingat penggunaan bahan bakar untuk kendaraan meningkat. Bukan hanya sumber daya yang terpengaruh, namun juga karena ancaman pemanasan global.

Lalu bagaimana cara menganalisisnya?

Yuk Analisis, Agar Lebih Menghemat Bahan Bakar Minyak

Sederhana saja, Anda dapat menganalisis dengan menghitung penggunaan bahan bakar pada kendaraan yang Anda sering gunakan atau miliki.

Cara Menghitung Efisiensi Bahan Bakar Minyak pada Kendaraan

Pertama melakukan pencatatan saat mengisi bahan bakar full pada tangki kendaraan. Anda catat dengan memberikan tanda “G”.

Selanjutnya catat juga kilometer pada kendaraan setelah mengisi tangki, yang dapat dilihat pada indikator odometer. Catat dengan menggunakan tanda “B”.

Setelah itu, gunakanlah kendaraan tersebut dengan melakukan aktivitas Anda sehari-hari, ke tempat pekerjaan atau kemanapun.

Jika bahan bakar pada tangki Anda telah kosong, selanjutnya lakukan kembali pencatatan kilometer setelah Anda gunakan dan berikan tanda “A”.

Setelah catatan tersebut terkumpul selanjutnya Anda hitung dengan menggunakan rumus perhitungan (A – B) : G = ?

Disini sebagai contoh, menggunakan tanda tersebut karena “G” sebagai gasoline, “B” sebagai before, dan “A” sebagai after. (7450 km dikurangi 7200 km) dibagi 5 liter = 50.

Jadi dapat disimpulkan kendaraan yang digunakan membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak sejauh 50 km.

Apakah kendaraan Anda masih tergolong irit, sehat, dan sesuai dengan perhitungan di pabrikan?

Selain dari cara tersebut ada banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Seperti faktor ban, kesehatan mesin, kecepatan, bahkan jenis bahan bakar minyak yang digunakan.

Efisiensi Bahan Bakar dengan Menggunakan Produk Berkualitas

Dengan menggunakan bahan bakar berkualitas, kendaraan yang Anda gunakan bukan hanya hemat terhadap bahan bakar, namun kesehatan mesin pun terjaga.

Jika Anda mencari produk bahan bakar berkualitas, Shell dapat menjadi rekomendasi karena menawarkan produk dengan keahlian teknologi dan inovasi terdepan di setiap bahan bakar.

Banyak pilihan yang ditawarkan, seperti Shell V-Power, V-Power Nitro+, V-Power Diesel, Shell Super, dan Shell Super Extra.

Oke, mungkin itu saja informasi dan tips yang dibahas kali ini terkait tentang efisiensi bahan bakar, semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *